Selasa, 29 November 2011

Proposal

I. Latar Belakang
Untuk merealisasikan visi misi Universitas Indonesia sebagai universitas kelas dunia, peranan UI dalam pembangunan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak saja berasal dari kontribusi pengelola Universitas, lulusannya yang bermutu, akan tetapi juga dari hasil pene­litiannya di Lingkungan UI yang relevan terhadap pengembangan keilmuan dan kebutuhan pem­ba­ngunan. Hasil-hasil penelitian baik berupa paten, artikel ilmiah, teknologi tepat guna, atau buku ajar perlu disebar­luaskan kepada para dosen atau peneliti lain maupun masya­rakat pengguna, termasuk industri yang langsung dapat memanfaatkannya.
Salah satu sistem komunikasi ilmi­ah yang perlu ditingkatkan ada­lah berkala ilmiah sebagai media komunikasi ilmi­ah (publikasi) baik skala nasional, regional, dan internasional yang dapat menerima artikel ilmiah bermutu yang berasal tidak hanya dari lingkungan UI, tetapi dari luar UI. Media jurnal ilmiah tersebut yaitu Jurnal Makara yang terdiri dari empat seri yaitu, seri Sains, Teknologi, Sosial-Humaniora, dan Kesehatan.
Untuk menjaga kualitas jurnal ilmiah diperlukan suatu evaluasi atau penilaian dari badan pemberi akreditasi, yang dalam hal ini dilakukan oleh DIKTI. Jurnal Makara seri Kesehatan mendapatkan akreditasi B hingga bulan Juni 2007, dan untuk seri Teknologi, seri Sains dan seri Sosial-Humaniora juga mendapatkan akreditasi B hingga bulan November 2007. Pada akhir bulan Agustus 2007, para Pengelola Jurnal Makara kembali mengajukan akreditasi untuk penilaian berkala ilmiah tahap II. Hasil penilaian yang diperoleh sesuai SK Dirjen Dikti Depdiknas RI No.167/DIKTI/Kep/2007 untuk seri Sains mendapatkan akreditasi B, untuk seri Teknologi dan Kesehatan tidak terakreditasi, sedangkan seri Sosial-Humaniora sedang dalam proses penilaian.
Berpijak pada kegagalan akreditasi kedua jurnal ilmiah diatas, melalui instrumentasi penilaian berkala ilmiah yang disusun bersama oleh LIPI, Ikatan Penyunting Indonesia, Kantor Menteri Negara Riset dan Teknologi, serta DP2M Ditjen Dikti (SK Dirjen Dikti No. 11/DIKTI/Kep/2006, tentang Panduan Akreditasi Berkala Ilmiah), ternyata bukan hal yang mudah untuk mendapatkan akreditasi. Oleh karena itu Pengelola Jurnal perlu meningkatkan pengetahuan pengelolaan jurnal sesuai standar penilaian nasional yang meliputi 3 dimensi yang saling terkait, yaitu dimensi fisik/penampilan, dimensi manajemen, dan dimensi substansi. Sementara untuk Jurnal berkala ilmiah yang telah terakreditasi diperlukan pemeliharaaan dan peningkatan kualitas ketiga dimensi diatas.
Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan melakukan penataran dan lokakarya menajemen/pengelolaan berkala ilmiah secara sistematis.

II. Tujuan Penataran dan Lokakarya
Tujuan utama penlok ini adalah meningkatkan kemampuan pengelola berkala ilmiah termasuk mekanisme serta segi-segi penting dalam meningkatkan mutu berkala dan proses akreditasi.
Adapun tujuan khusus kegiatan penlok ini adalah agar para peserta penataran dan lokakarya dapat :
1.Meningkatkan pemahaman tentang kebijakan, dasar falsafah, prinsip-prinsip dan prosedur publikasi berkala ilmiah;
2.Meningkatkan motivasi untuk dapat ikut serta meningkatkan publikasi hasil-hasil penelitian/pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk berkala ilmiah;
3.Membangun dan memperkokoh jaringan komunikasi ilmiah antar dewan redaksi Jurnal Makara.

III. Metode Penataran dan Lokakarya
Di dalam meningkatkan pemahaman pengelolaan berkala ilmiah, peserta diberi pengetahuan teoritis dan praktis tentang seluk beluk pengelolaan berkala ilmiah. Demikian pula akan diadakan diskusi untuk membahas berbagai kesulitan dalam pengelolaan Jurnal Makara. Oleh karena itu, para peserta diharapkan dapat melakukan evaluasi diri atas berkala yang dikelola dan untuk selanjutnya dapat dipakai sebagai alat untuk membuat perencanaan perbaikan mutu penerbitannya. Lebih terperinci, metode penlok adalah seperti berikut:
1.Ceramah. Metode ini digunakan untuk memberikan pemahaman yang lengkap kepada para peserta tentang suatu topik. Dalam ceramah diuraikan kerangka materi secara lengkap, jelas, mudah dipahami, dan aplikatif. Metode ceramah dalam penlok ini diusahakan untuk menghindari pembahasan teoritis yang berlarut-larut dan lebih menekankan pada contoh-contoh kasus beserta pemecahannya. Waktu penyajian materi 45 menit, dilanjutkan dengan tanya jawab.
2.Diskusi. Diskusi berlangsung pada sesi khusus (sesi IV), untuk mendiskusikan berbagai hambatan dalam pengelolaan Jurnal makara. Diskusi dipilih untuk lebih memberikan kesempatan kepada para peserta: membahas, mempertanyakan, menggarisbawahi, memberikan masukan, dan memperdalam materi yang diceramahkan.

IV. Deskripsi Pokok Bahasan
Materi atau pokok bahasan penataran dan lokakarya dipilih melalui pertimbangan kebermaknaan dengan tujuan kegiatan. Selanjutnya materi tersebut akan diberikan oleh pemateri yang dipilih di antara tenaga ahli/pakar yang sudah berpengalaman dari DIKTI. Adapun rincian materi adalah sebagai berikut:
1.Kebijakan Pengembangan Berkala Ilmiah Nasional. Kasubdit Publikasi dan Sistem Informasi DP2M-Dikti akan menyampaikan kebijakan yang telah dan akan diberlakukan sehubungan dengan upaya peningkatan mutu hasil penelitian dan diseminasinya serta akreditasi berkala ilmiah.
2.Format. Paparan meliputi penjelasan perbedaan makna antara format dan gaya dalam kaitan dengan penampilan, keberkalaan, keajekan, penomoran terbitan, dan penomoran halaman.
3.Teknik Penyuntingan. Dalam topik ini akan disampaikan butir-butir penting yang perlu dicermati dalam menilai suatu naskah yang akan dimuat, mulai dari penyuntingan judul artikel sampai daftar pustaka.
4.Organisasi Penerbitan. Pokok bahasan yang disampaikan terdiri atas beberapa kiat: (a) menampung naskah dari penulis, menghimpun artikel dalam jumlah yang cukup dan berkesinambungan, (b) melaksanakan kode etik penyuntingan, mengelola naskah (c) memperoleh dana dari iklan, (d) memperluas pemasaran di kalangan perguruan tinggi, lembaga litbang, baik pemerintah, industri, swasta, serta himpunan profesi, (e) memelihara hubungan baik dengan pelanggan melalui peningkatan teknik komunikasi, (f) meningkatkan jumlah tiras dan sirkulasi, (g) meluaskan distribusi berkala dari segi geografis, dan (h) menata organisasi dan personalia sesuai dengan kebutuhan penerbitan berkala ilmiah.
5.Pengendalian Mutu Berkala Ilmiah (Akreditasi). Meskipun Instrumen Evaluasi untuk Akreditasi Berkala Ilmiah telah dijadikan panduan oleh pengelola berkala dalam pengajuannya untuk memperoleh akreditasi, banyak butir penting yang belum dipahami. Mata acara ini dimaksudkan agar ada kesamaan persepsi mengenai setiap butir dalam instrumen evaluasi antara pengelola berkala dan evaluator, terutama instrumen yang baru.
Pelajaran Terpetik dari Kegagalan Mengakreditasi. Materi yang dikemukakan ialah hal-hal yang terabaikan oleh pengelola berkala ketika mengajukan akreditasi, mulai dari persyaratan administrasi, menjaga mutu tampilan fisik berkala, sampai pada mutu artikel yang dimuat.
6.Diskusi dalam kelompok kecil: (a) berlatih menyunting naskah artikel, hambatan dalam manajemen pengelolaan berkala ilmiah, (b) simulasi untuk mengajukan akreditasi. Diskusi akan dikembangkan agar terbentuk persepsi yang sama antara pengelola dan penilai akreditasi dalam menerjemahkan butir-butir yang tercantum dalam Instrumen Evaluasi untuk Akreditasi Berkala Ilmiah, (c) berbagi pengalaman mengatasi hambatan dan pengelolaan berkala ilmiah, dan (d) menerima umpan balik dari fasilitator untuk meningkatkan mutu berkala.

V. Waktu dan Tempat
Penataran dan lokakarya diselenggarakan pada Hari Kamis tanggal 31 Juli 2008, bertempat di Gedung Serbaguna Lt.3 Gedung Perpustakaan Pusat, Kampus Universitas Indonesia – Depok.

VI. Fasilitator dan Peserta
1.Pembicara/Fasilitator terdiri atas anggota Tim Penelaah/Evaluator Akreditasi Berkala Ilmiah Dikti.
2.Peserta Penataran dan lokakarya aktif/penuh adalah pengelola berkala (dewan redaksi) yang terlibat dalam penerbitan Jurnal Makara.
3.Peserta Penataran adalah pengelola berkala ilmiah (1 orang perwakilan dewan redaksi) dari masing-masing pengelola jurnal berkala ilmiah yang berada di lingkungan UI
4.Peserta yang diundang dalam Penlok berjumlah 38 dewan editor dari setiap seri Jurnal Makara ditambah perwakilan pengelola jurnal ilmiah di lingkungan UI sebanyak 30 orang.

Daftar Hadir Pembicara
No.
Nama
Istansi
No. Telp/HP
Email
1
Prof. Dr. Suminar S. Achmadi
Departemen Kimia IPB
0251 324794
ssachmadi@cbn.net.id
2
Prof. Dr. Wasmen Manalu
FKH IPB
08158848829
wasmenmanalu@yahoo.com

Daftar Hadir Dewan Editor Seri Sains
No.
Nama
Instansi
No. Telp/HP
Email
1
Dr. Jarnuzi Gunlazuardi
Dept. Kimia
FMIPA UI, Depok
021-7270027
jarnuzi@ui.edu
2
Dr. rer. nat. Anja Meryandini
Pusat Penelitian Sumber Daya Hayati dan Bioteknologi
IPB, Bogor
0811816576
ameryandini@yahoo.com
3
Prof. Dr. Djati Kerami
Dept. Matematika
FMIPA UI, Depok
0811178790
djatikr@ui.edu
4
Dr. rer. nat. Evvy Kartini
BATAN, Serpong
08121050401
kartini@batan.go.id
5
Dr. Drs. Terry Mart
Dept. Fisika
FMIPA UI, Depok
081319180361
tmart@fisika.ui.ac.id
6
Dra. Wellyzar Sjamsuridzal, M.Sc., Ph.D
Dept. Biologi
FMIPA UI, Depok
08881863355
sjwelly@hotmail.com
Daftar Hadir Dewan Editor Seri Teknologi
No.
Nama
Instansi
No. Telp/HP
Email
1
Dr. Ir. Ing. Misri Gozan, M.Tech
Dept. Teknik Gas dan Petrokimia
FT UI, Depok


2
Dr. Ir. Haryo Dwito Armono, M.Eng
Fakultas Teknologi Kelautan,
ITS, Surabaya
081330459203
armono@oe.its.ac.id
3
Dr. Ir. Kalamullah Ramli, M.Eng
Dept. Teknik Elektro
FT UI, Depok
08569009843
k.ramli@eng.ui.ac.id
4
Dr. Ir. Mukhtasor
Fakultas Teknologi Kelautan
ITS, Surabaya
081330424224
mukhtasor@oe.its.ac.id
5
Dr. Nurul Taufiqu Rochman, M.Eng
Pusat Penelitian Fisika
LIPI, Serpong
081381913415
nurultaufiqur@yahoo.co.jp
nano_indonesia@yahoo.com
6
Prof. Dr. Ir. Ing. Raldi Artono Koestoer
Dept. Teknik Mesin
FT UI, Depok
08161992186
koestoer@eng.ui.ac.id
7
Dra. Titiresmi A, M.Si
Balai Teknologi Lingkungan
Serpong
021-7560919
08161313797
titiresmi@hotmail.com


Daftar Hadir Dewan Editor Seri Sosial-Humaniora
No.
Nama
Instansi
No. Telp/HP
Email
1
Dr. Ali Nina Liche Seniati, M.Si
Fakultas Psikologi, UI
0816741665
liche@ui.edu
2
Prof. Adrianus Eliasta Meliala, M.Si., Ph.D
FISIP, UI
0811181894
adrianus@ui.edu
3
Prof. Dr. Andreas Budihardjo
Prasetya Mulya Business School
08128592751
andreasbs@pmbs.ac.id
4
Prof. Dr. Fatimah Djajasudarma
Fakultas Sastra
Unpad, Bandung
0811225953
fatimahdj@yahoo.com
5
Prof. Dr. Yusti Probowati, Psikolog
Fakultas Psikologi
Universitas Surabaya
08165434186
yprobowati@yahoo.com

6
Avanti Fontana, Ph.D., CF, CPBC
FE UI
081310182099
avanti.fontana@ui.edu

Daftar Hadir Dewan Editor Seri Kesehatan
No.
Nama
Instansi
No. Telp/HP
Email
1
Ir. Ahmad Syafiq, M.Sc., Ph.D
FKM UI
08129602420
asq69@yahoo.co.uk
2
Prof. dr. Ali Gufron, M.Sc., Ph.D
UGM
0811255702
ghufron_mukti@yahoo.com
3
Prof. Dr. J. Mukono, dr., MS., MPH
UNAIR, Surabaya
0811349910
mukono_j@yahoo.com
4
Dr. dr. Purwantyastuti, M.Sc., SpFK
Dept. Farmakologi
FK UI, Jakarta
0816713064
purwanty2703@yahoo.com
5
Prof. Dr. dr. Sudijanto Kamso, SKM
Dept. Biostatistik & Kependudukan
FKM UI, Depok
0816814438

6
Prof. dr. Veni Hadju, M.Sc., Ph.D
FKM
Univ. Hassanudin, Makassar
0811441803


Daftar Hadir Pengelola Jurnal di Lingkungan UI
No.
Nama
Nama Jurnal
No. Telp/HP
Email
1
Anne Sudiar, SKM

Jurnal Kesehatan Masyarakat

08129007220

jurnalkm@ui.edu
2
Desy Kristine

Jurnal Hukum Internasional: Indonesian Journal of International Law
Lembaga Pengkajian Hukum Internasional FH UI, Depok

08567360155
lph1@ui.edu
3
Dr. Arry Yanuar
Majalah Ilmu Kefarmasian
081389469141
yanuar@farmasi.ui.ac.id
4
Ati Agustina Antares, SKM
The Indonesian Journal of Gastroentology, Hepatology and Digestive Endoscopy
081324308200
pbpegi@yahoo.com
5
Dahlia Sari, M.Si
Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia
Departemen Akuntansi, FE UI, Depok
08128351673
dahlia-s@ui.edu
6
Dian Triastuty, S.Sos., MM
Jurnal Polisi
0816822006
jurnal_polisi@gmail.com
dian_jurnal@gmail.com
7
drg. Dwi Gayatri, MPH
Jurnal Kesehatan Masyarakat
08159129910
dwi.gayatri@ui.edu
8
Paramitaningrum, S.Sos
Jurnal Global
Dept. HI – FISIP UI
021-7873744
081586234132
paramitaningrum.sos@ui.edu
9
Nasrulloh Riyano, S.Sos
Jurnal Kajian Wilayah Eropa
Program Pasca Sarjana UI, Jakarta
021-91899513
n.riyano@gmail.com
10
Hayuni Rahmah, Skp., MNS
Jurnal Keperawatan Indonesia
FIK UI, Depok
087877569303
hayuni@ui.edu
11
Irwansyah, MA
Jurnal Thesis (FISIP)
081511911183
irw4n5@yahoo.com
12
dr. Isnaini A. Suryono, MS
The Medical Journal of Indonesia
0816790249
isnaini.azizah@ui.edu
13
Kemala Widya Paramita
Teropong : Media Hukum dan Keadilan, MaPPI FH UI, Depok
081380273332
lala.ibu.peri@gmail.com
14
Dr. Marcellus Simadibrata. K, Ph.D., SpPD-KGEH
The Indonesian Journal of Gastroentology, Hepatology and Digestive Endoscopy
0816920448
cgom@indosat.net.id
15
Ir. Nurhadi Wiyono, M.Si
Journal of Population
021-7872911
nhwiyono@ld.feui.org
16
Riani Widiarti, M.Si
Sains Indonesia
Div. Riset dan Pengabdian Masyarakat FMIPA UI, Depok
021-77211473
rianiwid@yahoo.co.id
17
Riri Maria, SKp
Jurnal Keperawatan Indonesia
FIK UI, Depok
021-98786148
riri76@ui.edu
kbmngga@yahoo.com
18
Riswan Efendi Tarigan, M.Kom
Jurnal Sistem Informasi
021-32454617
relarigan@cs.ui.ac.id
19
Dr. Rokhmatuloh, M.Eng
Jurnal Geografi
Dept. Geografi FMIPA UI
021-7270030
rokhmatuloh.ssi@ui.edu
20
Alin Halimatussadiah, SE., ME
Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Indonesia
KANOPI (Kajian Ekonomi dan Pembangunan Indonesia)
021-7875415
alin_halimah@yahoo.com

21
Sudiariandini. S, SKM
Acta Medica Indonesia
Dept. Penyakit Dalam FK UI, Jakarta
021-31903775
ijim@inaactamedica.org
pipfkui@yahoo.com

22
Ir. Susy A. Nataliwati, M.Si
Manabu: Journal of Japanese Studies
PSJ UI, Depok
08159379883
susy_aina@yahoo.com
23
Nanharta
Jurnal Teknologi
Fakultas Teknik UI, Depok
085694400663
hrt_nan@yahoo.com
24
Dr. Lia Damayanti, M.Biomed., SpPA
Medical Journal of Indonesia
081311299227
eldamayanti@yahoo.com
25
Anik Budi Utami, S.Psi
Jurnal Gifted Review
085218363811
anik_azzahra@yahoo.co.id
VII. Agenda
Rabu, 30 Juli 2008

17.00 – 18.00 Pendaftaran Peserta dan Check-in di Pusat Studi Jepang (Khusus Peserta dari luar Daerah)

19.00- 19.30 Ramah Tamah dan Makan Malam

19.30 - Istirahat

Kamis, 31 Juli 2008

08.00 – 08.30 Registrasi

08.30 – 09.00 Pembukaan oleh Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat UI (Bachtiar Alam, Ph.D)

Presentasi :

SESI I
09.00 – 10.00 Kebijakan Pengembangan Berkala Ilmiah Nasional
Pembicara : Prof. Dr. Suminar S. Achmadi
Moderator : Dra. Fatma Lestari, M.Si.,Ph.D.
10.00 – 10.15 Rehat Kopi
SESI II
10.15 – 11.30 Pengelolaan Jurnal
(Sumber naskah, Format, Pengembangan Gaya Selingkung, Teknik Penyuntingan dan Organisasi Penerbitan)

Pembicara : Prof. Dr. Wasmen Manalu
Moderator : Dr. Budiarso, M.Eng.
11.30 – 12.30 Pengendalian Mutu dan Pelajaran Terpetik dari kegagalan Akreditasi
Pembicara : Prof. Dr. Suminar S. Achmadi
Moderator : Dr. Yoki Yulizar
13.30 – 14.00 Ishoma


Diskusi Kelompok dan Pleno
14.00 – 15.30 Diskusi “Jurnal Makara”

Pembicara : Semua Fasilitator

15.30 – 16.00 Rehat Kopi

16.00 – 16.30 Pleno : Rencana Tindak Lanjut Jurnal Makara untuk Akreditasi
Pembicara : Perwakilan seri Jurnal Makara

16.30 – 16.45 Penutupan

Jum’at, 01 Agustus 2008

07.00 Check Out (Khusus Peserta Luar Daerah)


VIII. Kepanitiaan
Penanggung Jawab : Bacthiar Alam, Ph.D
Panitia Pengarah : Dr. Ir. Budiarso, M.Eng
Dr. Jarnuzi Gunlazuardi
Dr. Ing. Misri Gozan, M.Tech.
Dr. Ali Nina Liche Seniati, M.Si.
Ir. Ahmad Syafiq, M.Sc., Ph.D.
Panitia Pelaksana
Ketua : Dr. Yoki Yulizar
Wakil Ketua : Dra. Fatma Lestari, M.Si.,Ph.D.
Tirta N. Mursitama, Ph.D.
Kesekretariatan : AAA. Ratna Dewi, M.Si., Ak
Vera Andriyani, SKM
Wanti Wulandari, S.Si
Cucu Sukaesih
Amalia Kamilah, S.Si
Siti Muliyanti
Bendahara dan Konsumsi : Rr.Tutik Sri Hariyati, S.Kp., MARS
Almira Gitta
Melly Riana

Acara : Suharti, A.md
Dina Nur Wulandari, S.Kp
Lenny Maykel Muliawati, SKM
Krestika
Dwi Dharmaningsih, S.Kp
Dokumentasi dan Publikasi : Ahmad Nizhami, S.Si.
M. Prabu W
Maman Suherman
Perlengkapan : Mukhlis Sutami, S.Pd
Sudarmadji, M.Si
Yusuf

Uraian Tugas Kepanitiaan
● Penanggung Jawab
Bertanggung jawab terhadap keseluruhan kegiatan Penataran dan Lokakarya Jurnal Makara (Penlok Jurnal Makara).

● Panitia Pengarah
Memberikan pengarahan dan memantau berlangsungnya kegiatan penlok yang akan dilaksanakan.

● Ketua dan Wakil Ketua
1.Merencanakan dan menyusun kegiatan penlok yang akan dilaksanakan
2.Memberi pengarahan kepada anggota panitia lainnya tentang kegiatan penlok yang akan dilangsungkan
3.Memberi masukan materi untuk penlok yang akan dilaksanakan
4.Mengkoordinasi seluruh kegiatan penlok dengan seluruh tim kerja sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

● Penanggung Jawab Kesekretariatan/Registrasi/Undangan :
1.Mengkoordinasi dan mempersiapkan surat menyurat dan pengirimannya dari persiapan sampai selesai;
2.Mempersiapkan undangan ke pembicara untuk tiap sesi;
3.Mempersiapkan undangan ke peserta
4.Memastikan jumlah peserta dengan mengkonfirmasi kehadiran calon peserta dan membuat daftar peserta untuk disampaikan kepada bagian registrasi;
5.Menyiapkan daftar peserta dan memonitor kehadiran peserta;
6.Menyiapkan seminar kit pada hari pelaksanaan;
7.Menyiapkan name tag;
8.Menyiapkan segala bentuk informasi;
9.Mengkonfirmasi kepada moderator;
10.Menyiapkan daftar peserta;
11.Membuat notulensi rapat;
12.Membuat arsip kegiatan penlok
13.Membuat laporan pertanggungjawaban kegiatan penlok

● Penanggung Jawab Bendahara/Konsumsi :
1.Menyiapkan anggaran dan permohonan pencairan dana ke pihak Dir. Keuangan UI;
2.Menangani masalah keuangan untuk peminjaman ruang Wisma Makara
3.Mengatur aliran dana/cashflow dana;
4.Membuat laporan pertanggungjawaban keuangan;
5.Memastikan dan memonitor jumlah makanan yang dipesan baik untuk unit setiap rehat maupun makan siang;
6.Check kesiapan ruang untuk rehat dan makan siang.

● Penanggung Jawab Acara
1. Menyiapkan acara;
2.Menghubungi dan meminta konfirmasi pembicara;
3.Memonitor jalannya acara;
4.Mendampingi tamu undangan;
5.Menyiapkan MC.

● Penanggung Jawab Dokumentasi/Publikasi
1.Menyiapkan bahan publikasi penlok;
2.Mencari dan mengarahkan panitia bidang dokumentasi untuk mengabadikan momen-momen penting.
● Penanggung Jawab Perlengkapan/Akomodasi
1.Menyiapkan semua peralatan yang dibutuhkan dalam ruangan, seperti : LCD, Komputer/lap top, kabel gulung, sound sytem, pengaturan meja dalam ruang, timer, pointer, layar, menyiapkan meja registrasi dan perlengkapannya, dan mengatur dekorasi
2.Menyiapkan dan membuat disain materi publikasi (backdrop, spanduk)
3.Memasang Back-Drop dan Spanduk
4.Mengurus ijin pemasangan ke UPT PLK UI.

IX. Sumber Dana
Sumber dana kegiatan Penataran dan Lokakarya Jurnal Berkala Ilmiah berasal dari dana RKAT DRPM UI.











Lampiran







Lampiran 1





Sesi I

Teknik Penyuntingan Naskah Artikel









Lampiran 2





Sesi II

Memburu Naskah dan Manajemen Pengolahan Naskah









Lampiran 3





Sesi II

Pengembangan dan Pemapanan Gaya Selingkung
Berkala Ilmiah








Lampiran 4





Sesi II

Organisasi Penerbitan Jurnal lmiah









Lampiran 5





Sesi III

Pengendalian Mutu dan Pelajaran Terpetik
dari Kegagalan Akreditasi








Lampiran 6





Notulensi Penataran dan Lokakarya
Jurnal Berkala Ilmiah











Lampiran 7





Notulensi Diskusi Jurnal Makara Seri Sains













Lampiran 8





Notulensi Diskusi Jurnal Makara Seri Teknologi



















Lampiran 9





Notulensi Diskusi Jurnal Makara Seri Sosial-Humaniora



















Lampiran 10





Notulensi Diskusi Jurnal Makara Seri Kesehatan



















Lampiran 11





Notulensi Rapat Pleno Jurnal Makara


















Lampiran 12





Daftar Dewan Editor Jurnal Makara



















Lampiran 13





Daftar Pengelola Jurnal di Lingkungan UI