Kamis, 01 Desember 2011

PEMBUATAN TAMBAHAN LAHAN PARKIR SEPEDA MOTOR

PROPOSAL

PEMBUATAN TAMBAHAN LAHAN PARKIR SEPEDA MOTOR DI UNIVERSITAS GUNADARMA KAMPUS H KELAPA DUA DEPOK






DiajukanOleh :
ERWIN PADEKA SIMANJUNTAK
15109766





JURUSAN SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA
DEPOK
2011




BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Penelitian
Pada dasarnya sebuah universitas harus mempunyai sarana dan prasarana yang harus memadai, contohnya harus tersedianya ruang kelas, ruang dosen, ruang praktikum, toilet, masjid, taman, serta kantin , tetapi saya melihat bahwa tempat parkir motor di Universitas Gunadarma Depok terutama di kampus E sudah overload akibatnya rumput yang tadinya tidak noleh di injak sekarang malah menjadi tempat parkir motor, pada waktu pertama saya masuk Universitas Gunadarma pada tahun 2009 tempat parkir tidak sepadat ini, mungkin apa ini disebabkan oleh membludaknya mahasiswa baru yang tidak berimbang dengan mahasiswa yang lulus atau keluar.
1.2 Batasan Masalah
Dalam batasan masalah kali ini saya sebagai peneliti akan memfokuskan pada tingkat kesulitan mahasiswa yang membawa motor untuk mencari lahan parkir di Universitas Gunadarma kampus E.
1.3 Rumusan Masalah Penelitian
Bagaimana mahasiswa yang membawa sepeda motor mendapatkan kenyamanan dan kemudahan ketika mencari parkir di sekitar kampus H Universitas Gunadarma ? dan apakah hal-hal penunjang yang harus tersedia di kampus itu ?
1.4 Tujuan Penelitian
Dalam membuat penelitian ini tentu saja saya mempunyai tujuan dan tujuan itu adalah untuk memberitahukan kepada pihak kampus untuk membuat fasilitas baru di kampus Universitas Gunadarma kampus E yaitu berupa tempat parkir tambahan untuk sepeda motor dan mobil.
1.5 Manfaat Penelitian
Manfaat dari penelitian ini agar pihak kampus segera membangun tempat parkir tambahan agar mahasiswa tidak kesulitan untuk memarkirkan sepeda motornya supaya mahasiswa tidak kembali disuruh memparkirkan sepeda motornya di kampus G Gunadarma, karena jika tempat parkir sudah penuh terkadang petugas satpam disitu menyuruh mahasiswa untuk parkir di kampus gundarma yang lainnya, secara langsung itu menyita waktu mahasiswa untuk belajar dikelas.







BAB II
LANDASAN TEORI

Penggunaan mobil pribadi sebagai moda transportasi utama dari dan menuju kampus berdampak pada peningkatan kebutuhan lahan parkir dan kepadatan lalulintas pada beberapa ruas jalan disekitar kampus. Masalah tersebut tidak dapat diatasi hanya dengan melakukan penambahan luas lahan parkir dan pelebaran jalan, solusi tersebut menjadi tidak efektif untuk jangka panjang selama tingkat ketergantungan mahasiswa terhadap penggunaan mobil pribadi masih sangat dominan.
Tingginya tingkat ketergantungan terhadap mobil pribadi sebenarnya merupakan
kecenderungan yang sudah berlangsung selama abad terakhir, yaitu terjadinya siklus
berulang peningkatan perjalanan dengan menggunakan mobil pribadi, pengurangan
pilihan moda alternatif, kebijakan tata-guna lahan dan pembangunan prasarana yang
semakin berorientasi kepada pengguna mobil pribadi semakin mendorong tingginya
tingkat ketergantungan terhadap mobil pribadi pada sebagian besar komunitas di seluruh
dunia. Gambar 1 memperlihatkan ilustrasi dari siklus tersebut (OTE, 2005).

Untuk mengatasi tingginya ketergantungan terhadap penggunaan mobil pribadi perlu dilakukan pendekatan alternatif selain sekedar menambah supply, yaitu dengan
mengatur demand, salah satu caranya adalah melalui upaya mendorong peralihan moda
dari Single Occupancy Vehicle (SOV) menjadi High Occupancy Vehicle (HOV) yang
merupakan salah satu bagian dari program Transportation Demand Management
(TDM).
Pimpinan pada beberapa perguruan tinggi di luar negeri menemukan bahwa program University TDM atau Campus Transport Management (CTM) sangatlah populer bagi kalangan mahasiswa dan karyawan yang memperoleh manfaat berupa penghematan biaya dan alternatif moda transportasi selain bermobil sendirian setiap hari. Mahasiswa mempunyai kesempatan berpengalaman dengan berbagai macam moda transportasi yang akan mempengaruhi perilaku mereka dalam memilih moda transportasi di masa mendatang. (Toor, s.a.).Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar dampak penerapan fasilitas antar-jemput bagi mahasiswa untuk mengurangi penggunaan mobil pribadi di
Universitas Kristen Petra (UKP).
Sumber : http://www.academia.edu/AddAffiliation



BAB III
METODE PENELITIAN
Tempat yang saya pilih untuk penelitian adalah Universitas Gunadarma Kampus H Kelapa dua Depok, pada waktu sekitar 1 bulan
Minggu I : Persiapan apa saja yang ingin diteliti.
Minggu II : Pengumpulan dan analisis data
Minggu III : Membuat Programnya
Minggu IV : Menyusun Laporan

1 komentar:

  1. maaf mengganggu,, mau nanya ada ngga tempat parkiran motot di sekitar kampus H???

    BalasHapus